Selamat Datang di PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah
Banner
Unit Layanan Terpadu
Agenda
23 October 2021
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Statistik

Total Hits : 5435930
Pengunjung : 209104
Hari ini : 17
Hits hari ini : 21
Member Online :
IP : 3.235.179.111
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan

Tanggal : 06-05-2020 20:46, dibaca 36974 kali.

Polusi udara saat ini menjadi isu yang masih ramai diperbincangkan. Baik di Jakarta, Riau, Pontianak dan beberapa kota lainnya di Indonesia banyak mendapat perhatian jika sudah bicara soal polusi udara.

Manusia perlu oksigen untuk bernapas, kalau udaranya saja sudah tercemar maka saat kita menghirup udara tubuh kita akan dipenuhi oleh zat-zat berbahaya. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat, terutama dari mobil bekas keluaran tahun lawas yang banyak mengeluarkan asap kendaraan, banyaknya pabrik, pembakaran dan kegiatan manusia lainnya kadang menjadi penyumbang terbesar pada kondisi polusi udara yang saat ini terjadi di beberapa kota.

Zat berbahaya yang terkandung di dalam polusi yaitu sulfur oksida, nitrogen oksida dan karbon monoksida. Polusi yang tercemar akan membuat tubuh berisiko terkena penyakit bahkan menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Berikut penulis sudah merangkum informasi tentang bahaya kesehatan yang terjadi akibat polusi udara.

  • Polusi udara di luar dan di dalam ruangan
Polusi udara bukan cuma hanya ada diluar ternyata di dalam ruangan seperti di rumah, kantor, dan ruangan tertutup lainnya bisa juga mengalami pencemaran udara. Pencemaran udara yang terjadi di dalam ruangan disebabkan oleh penggunaan rokok, lem, cat, dan bahan-bahan yang mengandung zat kimia.

Hal ini juga bisa terjadi karena kondisi ruangan yang tidak bersih, seperti kasur yang jarang dibersihkan sehingga saat kamu tidur kotoran tersebut terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Bahaya polusi udara di dalam ruangan juga memiliki risiko yang lebih tinggi, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan merokok di dalam ruangan dan rajin-rajinlah membersihkan ruangan.
  • Partikel Polusi Udara
Berbagai partikel polusi udara mulai dari yang padat hingga cair dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu, partikel padat ini berupa sampah kimia, debu, dan tanah. Air merupakan partikel udara cair, air yang terkontaminasi seperti hasil dari pembuangan limbah memiliki dampak yang buruk pada lingkungan sekitar.

Jika kamu sering terpapar polusi udara tersebut maka besar kemungkinan hal itu bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan kesehatan yang serius. Gangguan kesehatan tersebut merupakan penyakit yang berisiko menyebabkan kematikan seperti kardiovaskular dan penyakit yang berkaitan langsung dengan sistem pernapasan.
  • Berbahaya bagi kesehatan kulit
Banyak bahaya yang timbul dari udara yang sudah tercemar salah satunya mempengaruhi kesehatan kulit, sering terpapar polusi udara secara langsung dapat membuat kulit kamu menjadi kusam, merusak kolagen, memicu flek di wajah, dan yang paling berbahaya bisa membuat kamu terkena penyakit kanker kulit. Sebaiknya kamu menggunakan tabir surya jika kamu ingin keluar rumah supaya kulit kamu terhindar dari efek bahaya yang disebabkan oleh polusi.

Kamu juga harus menghindari aktivitas merokok karena asap yang dihasilkan rokok menjadi salah satu penyumbang terbentuknnya polusi udara
  • Menyebabkan asma
Menghirup udara yang tercemar berisiko menyebabkan kamu terkena penyakit asma, asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan hal ini disebabkan saluran udara mengalami radang sehingga terjadi pembengkakan dan membuat kamu megalami kesulitan bernapas.

Penyakit ini juga membuat kamu merasa nyeri dan sesak di dada, gejala penyakit asma yaitu batuk yang dialami terus-menerus. Keseringan terpapar udara yang kotor memperburuk kondisi kesehatan pada tubuh kamu, gunakan masker saat keluar rumah ya untuk mengurangi risiko tersebut.

Menghindari Dampak Polusi Udara Untuk Kesehatan

Polusi udara tidak bisa kamu hindari karena segala kegiatan banyak dilakukan diluar ruangan diantaranya harus pergi ke kantor, bersekolah, membeli makanan, melakukan transaksi, bersosialisasi, dan sebagainya.

Kamu perlu mengatasi polusi udara yang tidak dapat dicegah, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dampak polusi udara yaitu:
  • Hindari makan-makanan yang mentah
  • Perbanyak minum air putih
  • Kurangi konsumsi makanan kemasan
  • Menggunakan masker wajah sebagai pelindung dari udara yang berbahaya
  • Mengurangi aktivitas diluar pada jam sibuk
  • Hentikan merokok
Itulah infromasi mengenai bahaya polusi udara yang harus kamu ketahui agar kamu bisa meminimalisir segala risiko buruk yang terjadi akibat polusi udara.

Sumber:popmama.com


Pengirim : Admin
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :